Sabtu, 17 November 2012

Internet


Pengertian Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Internet merupakan sumber informasi yang sangat tidak terbatas sehingga dapat diakses oleh semua orang dari berbagai penjuru dunia.

Sejarah Internet

1.      Awal Muncul Internet
Sejarah munculnya internet dimulai ketika Levi.C Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas, pada tahun 60-an. Selanjutnya mulai diadakan penelitian-penelitian tentang internet dan jaringan komputer.
Perkembangan internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat. Yang di prakarsai oleh lembaga Advanced Research Poject Agency (ARPANET). Mulanya iternet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer.

2.      Perkembangan Internet di Indonesia
ü  Tahun 1986-1987
Awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia, Robby Soebiakto merupakan pionir dikalangan pelaku amatir radio Indonesia yang mengkaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringane-mail store and forward yang mengkaitkan banyak "server" BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar.
ü  Tahun 1988
Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988.
CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan Newsgroup. Belakangan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet.
ü  Tahun  1989 
Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX.
ü  Tahun 1990-an
Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.
ü  Tahun 1994
ISP yang pertama kali di Indonesia ialah Ipteknet yang beroperasi penuh menjelang awal 1994. 
Mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX.
ü  Tahun 1995
Pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.
Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).
Berawal dari teknologi radio paket 1200bps, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain.
ü  Tahun 1996
Ada kurang lebih 20 ISP komersial dan 40 ISP menunggu ijin operasi.
Sptember 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection  Initiatives (AI3) sehingga  memperoleh  bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. 
ü  Tahun 1997-1998-an.
ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dalam jaringan pendidikan di Indonesia yang menamakan dirinyaAI3 Indonesia yang mengkaitkan 25+ lembaga pendidikan di Indonesia.
ü  Tahun 2004
Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya]
ü  Tahun 2006
Pengembangan web sederhana versi handphone yang dinamakan WAP
ü  Tahun 2007
Pengembangan internet connection di jajaran handphone, mulai dari teknologi GPRS, EDGE, 3G
ü  Tahun 2008
Pengembangan internet super cepat di handphone dengan sebutan HSPDA/disebut juga 3.5 G

Nama-nama Legendaris Internet
Berikut beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994, yaitu, RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

#dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar